One Day for 4 Places in Bandungan, Kabupaten Semarang

January 29, 2017
Keluarga dari Jogja beserta Eyang Kakung dan Putri ngajakin liburan ke Bandungan. Aku lupa hari libur apa ya waktu itu bisa kumpul keluarga gitu haha.
Bulik nanyain tempat wisata di Bandungan yang bagus dimana. ya aku jawab 'banyak' karna emang Bandungan tempatnya nyenengin semua.
waktu itu sampai bandungan sore menjelang petang gitu karna nunggu saudara dari jogja butuh berjam-jam kan sampai bandungan
Malemnya kami menginap di hotel Kusma Bandungan yang beralamat di Jl. Raya Bandungan Jetis, Bandungan. letaknya di sekitaran pasar bandungan. jadi buat ibu-ibu yang suka belanja sayur-sayuran segar bisa jalan kaki dari hotelnya. Balik lagi buat deskripsiin hotelnya ya. Hotel Kusma termasuk hotel murah di Bandungan sekitar 200-400an mungkin. Tempatnya sih lebih mirip rumah jadul gitu tapi nyaman pastinya.

SUSAN SPA AND RESORT
Malemnya itu kita nggak langsung istirahat buat tidur di hotel Kusma lho ya. Kita pergi makan malem di Susan Spa and Resort, Bandungan yang letaknya di Jalan Gintungan Utara, Dusun Piyoto, Bandungan, Jetis, Bandungan, Semarang. I think Susan Spa and Resort is the best place in Bandungan. Disana kita bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indahnya. Kalian bisa nikmatin pemandangan seluruh Bandungan dari sana karena tempatnya memang tinggi. But because I didn’t bring the good camera, I’m sorry I don’t have some pictures of that place. But I’m sure you could google it.
Okay, finally I googled it for you.
Sumber: google.com

Kita bahas lagi apa aja yang ada disana ya. Disana ada gereja yang sepertinya biasa dibuat acara pernikahan gitu. Bangunannya unik dan menarik buat kalian yang emang suka hunting photo. Nama bangunannya itu La Kana.
Sumber: google
Disana nggak hanya resort atau restoran saja ya. Namanya juga Susan ‘Spa’ berarti jelas ada tempat buat spa-nya. Oh ya, kalau kalian tertarik dengan tempat ini, kalian biasanya dikenain biaya 25rb atau 30rb gitu yang bisa dipakai untuk makan di resto atau untuk Spa nya sendiri. Tapi karena waktu itu aku dateng malem hari dan emang berniat ke resto, jadi kami nggak dikenain biaya seperti biasa.

GEDONG SONGO, SUMOWONO
Paginya, kami sarapan di hotel lalu memutuskan lanjut muter-muter bandungan. Gedong songo jadi target selanjutnya. Check out hotel sekitar jam 8 dan menuju gedong songo yang kira-kira sampai sekitar 30 menit dari hotel. Karena bukan aku yang bayar tiketnya, sorry banget aku gatau harga tiketnya. Di gedong songo, tempatnya nggak kalah bagus dari Susan Spa ya guys. Gedong songo tempatnya  kalian buat yang pengen jalan sehat sambil menikmati suasana indah dan dinginnya Bandungan. Muterin candi-candinya jauh banget dan aku yakin bagi kalian yang nggak pernah olahraga pasti kaki bakal pegel-pegel waktu kalian mau tidur haha. Tapi tenang aja, buat kalian yang nggak kuat jalan jauh, kalian bisa memilih buat nunggang kuda kok. Disana ada persewaan kuda dan juga ada pawangnya jelas. Harga 80ribu rupiah kalau kalian muterin ke 9 candinya. Seingetku kalo Cuma 4-5 candi harga 50ribu. Dan bisa istirahat juga buat take some pictures when you’re riding a horse.
Setelah muterin ke 9 candi, karna ujan deres kita ngiyup (meneduh) di gazebo sambil menikmati gorengan panas. Sedap rasanya haha.

TAMAN BUNGA SETIYA AJI

Hujan sudah mulai reda, lanjut perjalanan ke taman bunga setiya aji/setya aji flower farm di Jetis. Letaknya nggak jauh dari pasar Bandungan kok. Kira-kira 10-15 menit. Biaya masuknya 7ribu dan kalian bisa foto-foto sepuasnya. Satu alasan utama kenapa milih tempat ini sebagai tujuan. Soalnya buat nyenengin eyan putri yang seneng sama bunga-bunga.

PONDOK KOPI UMBUL SIDOMUKTI
Setelah puas foto-foto sama bunga-bunga cantik, kita ke pondok kopi buat makan. Alesan kesana bukan buat makan sih sebenernya. Karena disana tempat menarik buat liburan, makanya kita kesana. Ke pondok kopi butuh biaya parker 2000 dan biaya masuk per-orang 4000 rupiah. Disana nggak pernah sepi pengunjung. Sepi ya kalau jam-jam sekolah atau kerja saja. To be honest, aku nggak pernah bosen sama tempat ini. Tiap tahun pasti kalau jenuh panas-panasan di kota Semarang, aku sering main kesini sama temen-temen.

Karena waktu untuk mau magrib, kita putusin turun buat balik ke Semarang. Yaaaaahhhh…